Berapa kali kamu menghabiskan waktu dalam sehari untuk mengakses social media? 2 jam? 3 jam? atau lebih dari 5 jam? Tidak ada salahnya, toh ada banyak perkerjaan yang mengharuskan selalu lengket dengan smartphone untuk mengkases social media. Menjadi salah ketika kita menghabiskan waktu di social media dengan cara yang kurang tepat.

Social media adalah tools, medium, melting pot, tepat bertemunya pembuat konten dan penikmat konten. Banyak hal bercampur menjadi satu, mulai hal yang membuat kita senang, sedih, terdukasi, atau hanya menghabiskan waktu saja scrolling dan swipe hal-hal yang tidak bermanfaat. Ingin mendapatkan hal yang positif atau negatif, hak sepenuhnya di kamu, tapi untuk apa kita menghabiskan waktu tidak bermanfaat di social media jika kita bisa mendapatkan hal yang justru memberikan kita peluang untuk bertumbuh.

Koleksi Ide Konten

Mulai ubah mindset ketika mengakses social media tidak hanya untuk having fun, tapi untuk mencari inspirasi seperti ide konten. Mulai beralih dari penikmat konten menjadi pembuat konten. Dengan scrolling dan swiping konten-konten, kamu sebenarnya sedang mencari ide konten. Ketika menemukan konten yang menarik, segera disimpan dengan fitur save, pin, atau collection untuk dipelajari lebih lanjut.

Join Live Berfaedah

Fitur live di social media membuat kita semakin dekat dengan figur, brand, atau referensi tertentu tanpa perlu kurasi panjang ala TV yang banyak batasan dan justru mengurangi makna penuh dari inspirasi yang ingin ditangkap. Banyak live sharing, dakwah, dan event interaktif, kita tidak hanya bisa menikmati pengetahuan dan inspirasi, tapi juga bisa berinteraksi bahkan jika diijinkan kita bisa live bersama sang creator.

Riset Audience dan Kompetitor

Konten, audience, response (like, comment, like), semuanya adalah data. Kita bisa mengaksesnya secara leluasa, tinggal bagaimana kita memanfaatkan dan tujuannya untuk apa. Kita bisa mengetahui seberapa ramai suatu lokasi, bagaimana karakteristik audience, konten apa yang paling banyak dilihat, sampai pergerakan audience dan pola engagement-nya. Semua fitur dan data tersedia, saatnya kita cerna supaya lebih berfaedah ber-social media.

Media Personal Branding

Social media adalah opsi medium paling mudah dan murah bahkan gratis. Bayangkan ketika kamu mempromosikan usahamu, mempromosikan kebisaanmu, kesukaanmu, dan prestasimu di social media, secara tidak langsung banyak pasang mata yang bisa mengakses dan melihatnya. Dengan konten positif, edukatif dan promotif jelas bisa membantu membangun personal brandingmu.

Media Promosi Masif

Ketika kamu ingin beriklan di TV, tentu banyak checklist yang idlakukan: mulai membuat konten, kurasi, sampai mengajukan ke TV. Karena TV menjadi media rakyat yang hampir di semua rumah ada TV menjadikan iklan TV mahal karena bisa menjangkau skala nasional. Tapi tak kala dengan social media, kita tetap bisa bahkan melampaui performa iklan melalui social media. Bayangkan saja untuk mendapatkan perhatian audience, kita bisa membuat konten kapan saja, kita juga bisa melakukan live secara mandiri dari smartphone. Jika diinginkan kita juga bisa mencuri perhatian figur idola kita dengan aktif di kontennya.

Sekali lagi, social media menyediakan opsi untuk kamu untuk bertumbuh dengan memanfaatkan keunggulannya atau diam terlena menghabiskan waktu untuk hal yang kurang bermanfaat. Yang salah bukan mediumnya, tapi bagaimana cara kita mengkonsumsi dan memanfaatkannya.

Share This

Share This

Share this post with your friends!