Buat penggila teknologi atau biasa disebut dengan techno junkie pasti sudah tahu konteks pembahasannya ketika membaca istilah “APK”. Untuk yang masih awam, ini masih terkait dunia digital, khususnya erat dengan pengguna gadget Android. APK ini singkatan dari Android Package Kit, sebuah format yang dikhususkan untuk berjalan di atas sistem operasi Android. Bisa apa saja? Kita baca lanjutannya.

Format File

APK adalah format file yang digunakan oleh sistem operasi Android untuk mendistribusikan dan menginstal aplikasi. Setiap aplikasi Android dari Google Play Store sebenarnya merupakan file APK yang diunduh ke perangkat Anda dan di-instal, tidak perlu manual download dan manual install.

Content

APK biasanya berisi berbagai jenis file, termasuk kode program, sumber daya, gambar, suara, video, dan banyak lagi. Setiap file APK juga memiliki kode sertifikasi digital yang memverifikasi keaslian file dan pembuatnya.

APK di Google Play

Selain dari Google Play, APK juga dapat diunduh dan diinstal dari situs web pihak ketiga atau melalui pengiriman file APK melalui email atau pesan. Namun, pengunduhan dan penginstalan APK dari sumber yang tidak dikenal dapat membawa risiko keamanan bagi gadget, oleh karena itu disarankan untuk selalu memeriksa keaslian dan keamanan APK sebelum menginstalnya. Dengan mengunduh dari Google Play, keamanannya terjamin karena sudah ada validasi dari pihak google sebelum didistribusikan.

Sebagai pengetahuan dan sejarah, APK pertama yang secara resmi didistribusikan oleh Google adalah APK untuk Android Market (sebelumnya dikenal sebagai Google Play Store), yang dirilis pada 22 Oktober 2008. APK ini dulu bisa berjalan di Android versi 1.0, versi pertama sistem operasi Android yang dirilis pada 23 September 2008.

Sekali lagi, perlu diingat bahwa penggunaan APK dari sumber yang tidak dikenal dapat membawa risiko keamanan. Seperti berita belakangan ini yang menyasar pengguna awam dengan mengirimkan APK yang ternyata menyedot data dan menyalahgunakan konten di smartphone kita.

Share This

Share This

Share this post with your friends!