Powerpoint, istilah yang sudah menggantikan dan serasa jadi sebuah sinonim dari istilah slide Presentasi. Padahal aplikasi untuk membuat presentasi itu ada banyak. Intinya slide presentasi adalah dokumen yang bisa memvisualkan pesan yang ingin kita sampaikan, umumnya dalam format landscape supaya bisa dipresentasikan secara full-screen. Tapi tahukah bahwa Powerpoint (dan aplikasi Miscoroft Office lainnya) mempunyai add-ins atau extension untuk memperkaya lagi fitur aplikasinya, seperti layaknya extension di browser.

Perlu diketahui bahwa Add-ins ini tidak terbatas hanya di produk Microsoft Office khususnya PowerPoint, Aff-Ins juga tersedia di Microsoft Word dan Excel. Tentu koleksi Add-Ins di setiap aplikasi office itu berbeda. Kali ini kita bahas untuk PowerPoint karena memang lebih banyak dan lebih menarik karena editing visualnya lebih kental dibanding aplikasi office lainnya. Ada beberapa add-ins yang bisa kamu gunakan di Microsoft PowerPoint:

Produktivitas

Add-ins seperti Proofing Tools memungkinkan untuk mengecek tata bahasa, ejaan, dan kualitas penulisan lainnya secara otomatis. Terlebih untuk kamu yang sedang membuat slide presentasi untuk ditamplkan dalam forum spesial dan atau bahkan forum internasional. Untuk kamu yang tidak terbiasa membuat slide presentasi yang sistematis, ada juga add-ins yang membantu mengatur dan mengelola slide, termasuk membuat struktur slide dan menggabungkan beberapa presentasi.

Grafik dan Visualisasi

Ini yang menjadi andalan. banyak add-ins yang menyediakan fitur yang membuat grafis dan visualisasi yang menarik, tampilan data fakta slide presentamu tidak monoton atau membosankan. Kamu dapat menambahkan grafik interaktif, diagram, peta, atau alat visualisasi data lainnya yang tidak tersedia secara default di PowerPoint.

Integrasi 3rd Party

Secara tidak langsung, add-ins ini sebagai canvas bagi para developer untuk membuat add-ins yang mendukung Microsoft Office. Dengan add-ins memungkinkan kamu mengintegrasikan PowerPoint dengan cloud storage (OneDrive, Google Drive), aplikasi kolaborasi (Microsoft Teams, Slack), bahkan dengan platform presentasi online (Prezi, SlideShare). Kamu juga memasukkan gambar-gambar bagus dari website lain, tanpa perlu harus melakukan 2 langkah: download dulu lalu insert, sekarang tinggal 1 langkah: insert.

Fitur Tambahan

Sesuai kodratnya Microsoft PowerPoint yaitu untuk membuat materi presentasi. Tapi dengan add-ins, fiturnya bisa menjadi lebih banyak seperti pembuatan video dari presentasi, penerjemahan otomatis, pengenalan suara, atau pengeditan foto langsung yang mana itu memudahkan pengguna supaya tidak perlu ada aplikasi tambahan lain, cukup 1: PowerPoint.

Berikut ini beberapa contoh add-ins populer yang tersedia untuk Microsoft PowerPoint:

  1. Poll Everywhere. Memungkinkan kamu untuk membuat polling, survei, dan kuis interaktif yang dapat diintegrasikan langsung ke dalam presentasi dan hasilnya dapat ditampilkan secara real-time di slide PowerPoint.
  2. Adobe Stock. Memudahkan mencari referensi dengan akses ke perpustakaan gambar dan video dari Adobe Stock. Cari sesuai keyword, memilih, dan masukkan ke slide PowerPoint, tidak perlu 2 langkah: download dan insert.
  3. iSpring Suite. Membantu kamu dalam pembuatan e-learning dan presentasi interaktif. Kamu dapat menambahkan elemen-elemen seperti kuis, simulasi, animasi, dan video interaktif ke dalam slide PowerPoint.
  4. Web Video Player. Selamat tinggal ukuran PowerPoint yang besar, dengan add-in ini kamu bisa menyisipkan video dari berbagai platform, seperti YouTube atau Vimeo, ke dalam presentasi dan memainkannya secara streaming, pastinya dibutuhkan koneksi internet saat memainkannya.
  5. Lucidchart Diagrams. Sangat cocok untuk kamu yang sering berkutat dengan banyak data dan perlu memvisualkannya dalam bentuk diagram, grafik alur, dan visualisasi lainnya.

Secara penggunaan, sudah dipastikan aman karena yang kita pilih sumbernya dari Microsoft langsung. Artinya semua add-ins yang tersedia sudah dikurasi kualitas dan keamanannya. Dengan add-ins, harapannya dapat mengubah PowerPoint menjadi alat yang lebih serbaguna dalam mengoptimalkan kebutuhan presentasi.

Share This

Share This

Share this post with your friends!