Apapun laptopnya, pasti butuh akan terasa kurang optimal ketika tanpa konteksi internet. Ketika ada konteksi internet, saatnya kita browsing mencari informasi yang kita butuhkan untuk productivity aktivitas kita. Urusan browsing, jelas tools untuk mengakses berbawai website dan web-app adalah menggunakan browser.

Berbicara tentang browser, selain yang kita kenal seperti Google Chrome, Mozilla FireFox, Safari, Opera, dan Miscrosoft Edge, sebenenarnya ada banyak sekali browser baik yang sudah mature ataupun masih experimental yang bisa kita download dan gunakan. Tapi ya karena top of mind brand kita soal informasi adalah Google, apa-apa kita cari ke Google, jelas browser rilisan Google yaitu Google Chrome sangat populer oleh netizen Indonesia. Tapi tahukah kamu, jika kamu menggunakan extension di browser Chrome, terutama teknologi AI yang kekinian, produktivitas kamu akan lebih optimal lagi.

Grammarly

Di lingkungan sekolah atau dunia literasi, bahasa Inggris menjadi sebuah keniscayaan karena banyak referensi atau tugas yang ada dalam versi bahasa Inggris. Grammarly adalah salah satu ekstensi berbasis AI yang paling populer untuk mendukung aktivitas tersebut. Mungkin ada yang berpikir “mengapa tidak menggunakan Google Transalata saja?”. Itu memang jadi opsi, tapi untuk format tulisan panjang, Grammarly lebih bagus karena menggunakan AI untuk memeriksa tata bahasa, ejaan, dan kesalahan pemakaian dalam teks. Baik tulisan yang kita upload dalam bentuk dokumen atau yang diketik secara online, baik itu dalam email, dokumen, atau di social media. Lebih menariknya lagi, Grammarly bisa menawarkan saran untuk memperbaiki kesalahan di tulisan kita sesuai dengan gaya penulisan kita.

Otter.ai

Otter.ai adalah extension browser Chrome berbasi AI yang cocok yang kamu setiap harinya intens atau paling tidak sering melakukan oneline meeting atau mengikuti live webinar. Extension ini menyediakan layanan transkripsi real-time, jadi kita seolah merasakan pengalaman menonton film luar negeri tapi dalam event online. Tidak hanya semacam subtitle dari setiap dialog, tapi juga memungkinkan kita untuk mendapatkan catatan rapat yang akurat secara otomatis. Dengan Otter.ai. Dengan meng-install extension ini di Chrome, kamu bisa lebih fokus pada pembicaraan selama live event tanpa khawatir harus mencatat semua detailnya.

Ahrefs SEO Toolbar

Bagi para profesional di bidang digital marketing atau website optimization, Ahrefs SEO Toolbar adalah extension berbasis AI yang priceless. Extension ini menyediakan analisis cepat halaman web yang kita kunjungi, termasuk data backlink, estimasi trafik, dan ranking kata kunci. Semua informasi ini sangat berguna untuk strategi SEO dan memahami kinerja situs web kita dibandingkan dengan pesaing. Bayangkan kamu bisa melakukan komparasi dan bisa jadi melihat strategi bagaimana kompetitor kamu dalam mengoptimalkan website-nya.

Just Read

Kamu sering terdampar atau mengunjungi website dengan banyak polusi visual: iklan dimana-mana. Dengan extension Just Read yang menggunakan AI ini, sekarang kamu bisa menghilangkan semua gangguan pada halaman web, seperti iklan, popup, dan elemen desain yang tidak perlu. Ini memungkinkan kamu untuk fokus pada konten utama. Use case-nya ini sangat bermanfaat saat ingin membaca artikel atau berita online tanpa distraksi.

Masih ada banyak lagi extension Google Chrome berbasis AI menawarkan berbagai manfaat, dari peningkatan produktivitas hingga dukungan kesejahteraan emosional. AI mengubah cara kita berinteraksi dengan internet. Semoga membantu kita meningkatkan produktivitas dan pengalaman browsing.

Share This

Share This

Share this post with your friends!